cover
Contact Name
Herni Justiana Astuti
Contact Email
jurnalmediaekonomi@ump.ac.id
Phone
+6281215855945
Journal Mail Official
jurnalmediaekonomi@ump.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Muhammadiyah Purwokerto Jl. KH. Ahmad Dahlan, Dukuhwaluh, Kembaran, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53182 (0281) 636751
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Media Ekonomi
ISSN : 14112973     EISSN : 25794418     DOI : http://dx.doi.org/10.30595/medek
Media Ekonomi Journal invites academics and researchers who do original research in the fields of economics and management including but not limited to: 1. Marketing Management 2. Financial Management 3. Human Resource Management 4. Entrepreneurship 5. Monetary Economics 6. Islamic Econimicsm, Finance and Banking 7. Public Economics 8. Economic Development
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Media Ekonomi : Vol 21 No 2 Juli 2021" : 7 Documents clear
Dampak Ilegal Mining Pertambangan Emas Di Citorek Kidul Kabupaten Lebak Banten Iwan Fahsya; Baroswi Basrowi
Media Ekonomi Media Ekonomi : Vol 21 No 2 Juli 2021
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/medek.v21i2.11029

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Faktor pendorong munculnya penambang emas Tanpa Izin (Gurandil), 2) Menganalisis sejauh mana dampak kerusakan dari pertambangan emas ilegal (PETI) pada lingkungan, 3) Menganalisis dampak sosial ekonomi penambangan emas tanpa ijin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnometologi. Penelitian dimbil pada bulan Juni 2021, lokasi yang diambil adalah lokasi pertambangan yang berada di Desa Citorek Kidul Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak. Informan peneliti meliputi Kepala Desa, 5 orang perangkat Desa, 25 Orang penambang ilegal, dan berbagai pihak yang relevan dan terkait dengan tema peneliti. Instrumen pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data di analisis menggunakan empat langkah penelitian kualitatif, meliputi pengumpulan data, rumusan masalah, penyaringan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitin menunjukan bahwa kegiatan penambangan emas tanpa ijin berdampak negatif terhadap lingkungan yaitu pencemaran udara, penurunan kualitas sungai Cimari, konversi hutan, pendangkalan sungai munculnya lubang-lubang besar, abrasi tanah, hilangnya tanaman Rasamala dan Damar.  
Analisis Keberadaan Anomali January Effect Terhadap Kinerja Saham Di Industri Sub-Sektor Perbankan Tahun 2016-2020 Benedicta Victoria; Vanessa Starsha; Michael Wildon Chai
Media Ekonomi Media Ekonomi : Vol 21 No 2 Juli 2021
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/medek.v21i2.10738

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis adanya anomali January Effect yang berkontribusi terhadap kinerja harga saham. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dipilih dengan metode purposive sampling yang meliputi 23 saham dari perusahaan yang termasuk dalam subsektor perbankan antara tahun 2016-2020, dengan kriteria tertentu. Penelitian ini merupakan penelitian event study yang meliputi pengamatan reaksi pasar terhadap harga harian saham sebelum, selama, dan setelah January Effect terjadi. Periode yang digunakan adalah H-5 (5 hari sebelum Januari) sampai H+5 (5 hari setelah Januari) tahun terpilih. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang berasal dari sumber atau pihak yang terpercaya yang kemudian akan diolah lebih lanjut. Data dianalisis dengan uji t sampel berpasangan. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan return harian perusahaan perbankan di bulan Januari sedangkan dalam volume perdagangan dan abnormal return tidak terdapat perbedaan yang signifikan di bulan Januari
Lika Liku Ojek Online Mendapatkan Point Dan Coin Di Tengah Maraknya Transportasi Digital Komariah Komariah; Baroswi Basrowi
Media Ekonomi Media Ekonomi : Vol 21 No 2 Juli 2021
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/medek.v21i2.11070

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk a) dampak pandemic Covid-19 bagi driver ojek online di tengan persaingan dengan ojek online lainnya, b) motivasi driver ojek online. Metode yang diunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini dipilih secara random di Wilayah Kota Serang Banten. Penelitian dilakukan pada bulan Juni 2021 yang melibatkan 15 informan driver ojek online dari berbagai aplikasi ojek online. Proses pemilihan informan kunci dan informan lainnya menggelinding seperti bola salju (snowball) Agar validitas data meningkat, peneliti melakukan cek, recek dan crosscek serta memperlama waktu wawancara dengan informan. Metode penambilan data menggunakan pengamatan partisipatif, wawancara secara mendalam, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan langkah penelitian kualitatif antara lain pengumpulan data, klasifikasi data sesuai dengan tema, penyaringan data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan; a) Driver ojek online di Kota Serang, Banten merasakan dampak buruk dari pandemic Covid-19 ini dengan menurunnya pendapatannya; b) Penurunan pendapatan ojek di kota Serang pada masa pandemic Covid-19 ini dipengaruhi oleh beberapa factor antara lain; jam kerja, bonus insentif, area hotspots, kebijakan pemerintah dan persaingan dengan ojek online dari perusahaan lain; c) motivasi kerja ojek online karena kebutuhan keluarga yang semakin tinggi. 
Penggunaan Sistus Jual Beli Online Dalam Menjalankan Bisnis Pada Masa Pandemi Covid-19 Bunga Cinta Widya; Nur Hikmah; Putri Andhieni Nur Salsabila; Rima Oktapiani; Elsa Nurfauzy; Farza Azzahra
Media Ekonomi Media Ekonomi : Vol 21 No 2 Juli 2021
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/medek.v21i2.10772

Abstract

Penelitian ini bersifat deskriptif karena merupakan penelitian kualitatif dan dilakukan untuk mengetahui (1) Seberapa besar peran dari adanya situs jual beli online dalam menjalankan bisnis pada masa pandemi COVID-19 (2) Penggunaan berbagai situs jual beli online bagi para pengusaha (3) Kelebihan dan Kekurangan dari penggunaan situs jual beli online dalam menjalankan bisnis pada masa Pandemi COVID-19. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan informasi pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Data penelitian yang terkumpul melalui wawancara oleh peneliti kepada sejumlah pengusaha atau pebisnis dianalisis dan diolah sehingga memperoleh kesimpulan dan hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa situs jual beli online memiliki peranan besar dalam dunia bisnis pada masa pandemi. Peranan situs jual beli online bagi produsen atau pengusaha adalah peningkatan peluang bisnis yang lebih tinggi dan kemudahan lainnya dalam bertransaksi. Dalam menjalankan bisnis online ini, terdapat beberapa kekurangan dan hambatan selain dari kelebihan yang dirasakan. Kekurangan dari penggunaan situs jual beli online dapat berbeda dari setiap jenis situs yang digunakan.
Menjadikan Brand Top Of Mind Melalui Penggunaan Strategi Funneling (Studi Kasus Pada UMKM Wanderer Scarves) Nabila Meira Adzraa Hariri; Cecep Safa'atul Barkah; Tetty Herawaty; Lina Auliana
Media Ekonomi Media Ekonomi : Vol 21 No 2 Juli 2021
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/medek.v21i2.10904

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah UMKM Hijab Wanderer Scarves sudah menjadi brand top of mind di benak para wanita berhijab di Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif untuk mendapatkan data melalui survei dengan teknik sampling menggunakan purposive sampling dan metode kualitatif deskriptif untuk mendapatkan data melalui wawancara kepada pihak perusahaan. Analisis dilakukan dengan tahapan melalui internal based resource, framework VRIO, SCA, dan TOWS. Dari analisis tersebut didapatkan strategi untuk mengatasi bisnis isu yaitu dengan cara meningkatkan brand awareness. Peningkatan brand awarenessini dilakukan melalui strategi funneling dengan program, yaitu konten interaktif pada instagram, mengadakan diskon untuk pembelian online, pemasangan iklan di platform youtube, mengikuti event hijab.
Perubahan Pola Konsumsi Masyarakat Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19 Lieke Putri; Narulita Syarweni; Risya Zahrotul Firdaus
Media Ekonomi Media Ekonomi : Vol 21 No 2 Juli 2021
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/medek.v21i2.10980

Abstract

COVID-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus corona dan menyebabkan gejala utama gangguan pernapasan. Penyakit ini menjadi sorotan karena pertama kali muncul pada akhir tahun 2019 di Wuhan, China. Lokasi kemunculannya yang pertama, membuat virus corona juga dikenal sebagai virus Wuhan. Selain China, virus corona juga telah menyebar dengan cepat ke berbagai negara lain, antara lain Jepang, Thailand, Korea Selatan, bahkan Amerika Serikat dan Indonesia. Hal ini mendorong pemerintah Indonesia untuk memperluas kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat skala mikro (PPKM) di seluruh provinsi mulai 1 Juni sampai 14 Juni serta menerapkan kebijakan social distancing dan perubahan gaya hidup sehari-hari, termasuk pola konsumtif dan perubahan gaya hidup masyarakat.  Pada saat itu. kenormalan baru khususnya di Indonesia. Mengubah pola perilaku jarak sosial dan pembatasan perjalanan telah mengubah rutinitas sehari-hari dan cara konsumen bekerja, berbelanja, dan bermain. Oleh karena itu, banyak konsumen yang beralih ke platform online untuk membeli berbagai kebutuhan. Pergeseran ke penjualan online ini diperkirakan akan terus berlanjut setelah pandemi mereda, serta melakukan berbagai aktivitas di rumah. Penulisan jurnal ini menggunakan metode penelitian studi literatur dengan sumber resmi/valid baik berupa buku/informasi untuk kemudian dianalisa secara mendalam oleh penulis dan diolah menjadi bahan penelitian.
Systematic Literature Review Analisis Pengangguran dan Soft Skill pada Besaran PDRB Jawa Timur Roudlotul Jannah; Henny Rachmawati; Premaytri Yuwinda Athifa Dhitara
Media Ekonomi Media Ekonomi : Vol 21 No 2 Juli 2021
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/medek.v21i2.10257

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh peningkatan pengangguran yang berdampak pada turunnya Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Jawa Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan pengetahuan keterkaitan antara pengangguran, soft skill dan produk domestik regional bruto dan bagaimana dampak yang ditimbulkan dari keterkaitan tersebut. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode Systematic Literature Riview (SLR). Hasil penelitian ini adalah adanya keterkaitan antara pengangguran, soft skill dan PDRB positif signifikan dimana apabila tingkat pengangguran terbuka di Jawa Timur meningkat maka produktivitas potensi sektor PDRB di Jawa Timur akan menurun karena kurangnya tenaga kerja yang bisa berproduksi di sektor-sektor PDRB. Tingkat pengangguran terbuka disebabkan oleh tidak adanya keterampilan dan soft skill yang dapat mendukung tenaga kerja di dunia kerja. Selain itu, adanya keinginan untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan harapan juga menjadi penyebab peningkatan pengangguran terbuka.

Page 1 of 1 | Total Record : 7